Senin, 04 Februari 2013

Cara Membuat Alat Penguat Sinyal WIFI

WIFI atau jaringan nirkabel lazim ditemuai dimana saja,darimulai kafetaria,bengkel, kampus, hingga pombensin. Kekuatan jaringannya tergantung kepada penerimaan sinyal oleh kartu jaringan wireless yang anda miliki. Jika WIFI dipakai untuk hotspot untuk jaringan yang menurun berkosekuensi pada kecepatan browsing yang membuat stress. Karena itu jika sinyal WIFI anda jelek, jangan putus asa dulu ada banyak cara yang bisa di gunakan utntuk memperkuat sinyal WIFI.
1. Apakah kartu jaringan wireless anda mendukung antena eksternal atau dengan kata lain antena standarnya bisa dicopot dan diganti antena lain.Jika Ya, anda akan bisa membeli antena omni dan menyambungkan ke kartu jaringan. Jika anda tidak mau menggunakan cara ini, anda bisa menggunakan repeater wireless (Anda bisa membeli access point baru dan menjadikanya repeater, cuma ini lebih mahal).
2. Singkirkan benda-benda yang menghalangi sinyal WIFI anda.
3. Minimalkan adanya cermin di ruangan yang ada WIFInya. Karena kaca yang menggunakan zat metalik untuk memantulkan cahaya bisa memantulkan sinyal WIFI sehingga sinyal WIFI menjadi terinterferensi.
4. Jika kartu jaringan anda bisa diset, setlah ke Maximize Coverage untuk memaksimalkan jangkakuan. Misalnya dengan cara mengeset Power Management dari Windows ke maximum dan Transmit power ke Maximum.
5. Matikan Kartu jaringan wireless jika tidak ada sinyal WIFI sama sekali dekat anda.
6. Casing komputer bisa menjadi penghalang sinyal wifi, karena itu cobalah untuk mengganti psosisi casing komputer sehingga tidah menghalangi anatara kartu jaringan dengan antena Access point/ router wireless.
7. Tambahkan antena eksternalhigh gain dengan dBi yang lebih tinggi untuk meningkatkan performa sinyal. Semakin tinggi dBi akan meningkatkan sinyal horisontalnya, namun sinyal vertikalnya menurun. Jadi jika kita ingin membuat jaringan komputer untuk bangunan bertingkat maka cobalah gunakan WIFI repeater atau WIFI amplifier untuk meningkatkan sinyal anda.
8. gunakan reflektor di dekat antena penerima sinyal anda. lebih baik gunakan bentuk reflektor seperti parabola, panci adalah benda yang paling mudah anda temui yang berbentuk parabola. Reflektor ini harus diletakan dibelakang piranti penerima, semakin besar ukuran reflektor ini akan semakin besar sinyal yang dikumpulkan. Di Indonesia ini lazim dikenal sebagai wajanbolic.
9. Jika semua cara gagal, anda bisa memnbeli repeater WIFI, yang fungsinya seperti amplifier yaitu menguatkan sinyal antara router dan piranti anda.


Cara unik dengan kaleng brkas 
Ilustrasi


Alat dan bahan yang diperlukan.

Langkah Pengerjaan
1. Cuci kaleng minuman yang telah kosong dan lepaskan kait pembuka pada kaleng. Dengan pisau cutter, potong habis bagian bawah kaleng.



2. Potong juga bagian atas kaleng, tapi sisakan sekitar 1-2 cm di dekat lubang.



3. Potong kaleng secara memanjang dengan gunting.



4. Pasang "double-tape" di bagian atas kaleng yang sekarang telah berubah menjadi bagian bawah.



5. Terakhir, selipkan antena router ke dalam lubang dan atur rentang sayap yang tercipta.



Penguat sinyal yang dibuat dengan cara di atas dapat meningkatkan sinyal minimal 2 baris.
Rumah Anda sudah dilengkapi dengan jaringan WiFi tetapi seringkali sinyalnya sering turun bahkan hilang, terutama bila laptop Anda berada jauh dari router/access point.

Hal ini terjadi kebanyakan karena kualitas router itu sendiri atau terdapat penghalang/tembok yang dapat mengurangi kualitas sinyal WiFi.

Berikut ini tips untuk memperkuat sinyal WiFi. Caranya sangat mudah dan hanya Anda cukup menggunakan bahan dari minuman ringan yang terbuat dari kaleng.

Alat dan Bahan
Sebelum memulai, siapkan bahan-bahan berikut:
  1. Gunting
  2. Pisau "cutter"
  3. "Double-tape" tebal
  4. Gelas besar
  5. Minuman dalam kaleng (sebaiknya minuman tak bersoda)

4 komentar:

  1. Kalo untuk modem yang ga ada antena nya gimana gan?
    tks

    BalasHapus
  2. Double Tape itu apa ya? oh ya, aku mau nanya untuk memperkuat sinyal speedy instant gimana ya? soalnya didaerah aku cuma ketangkap 1 bar, 2 bar malah kadang2 hilang. terimakasih.

    BalasHapus