Senin, 04 Februari 2013

Cara Membuat Antena Omni

 cara membuat antena wireless buatan sendiri, dengan biaya yang sangat kecil dari biaya antena komersial.Menggunakan komponen yang banyak tersedia, dan tidak membutuhkan peralatan maupun pengetahuan yang khusus . Desain homebrew dipol Omnidirectional colinear 802,11 cocok untuk perangkat keras yang kompatibel wifi dengan konektor antena eksternal.
Sebagian besar desain di web untuk 2,4 GHz antena omni tampaknya membutuhkan pipa kuningan dan kabel LMR-400 , semua yang dibutuhkan tidak saya miliki . Kemudian saya menemukan cara untuk membuat design yang hanya untuk 444Mhz yang didasarkan pada ide yang sama. Kabel yang saya pergunakan adalah RG-213 dari Maplin. Dengan skala desain 444Mhz hingga 2,4 Ghz dan menggunakan RG-213 saya pikir akan sangat mudah mendapatkanya. Untuk mendapatkan sekitar 6dB gain dari antena, akan membutuhkan 8 sektor, dengan bagian gelombang 1/4 di bagian atas dan Fly-lead dengan N-konektor di bagian bawah. Perlu waktu sekitar 2-3 jam untuk membangun antena menggunakan desain ini, tapi jangan khawatir jika diperlukan waktu lebih lama, dari waktu yang dibutuhkan jika anda mengalami kesalahan dalam mengerjakannya.




Sebagian besar desain bisa memiliki magnettoroida atau decoupler pada timbal-fly antena. Namun lokasi decoupler tampaknya berbeda dalam desain masing-masing, dan beberapa desain panjang decoupler dari 1/4 panjang gelombang, yang lain 1 / 4 kali panjang gelombang faktor kecepatan dari tabung decoupler (kuningan tabung dikutip pada 0,95). Saya sudah mencoba di beberapa lokasi dan dapat menguji tanpa alat pengujian yang tepat, saya tidak melihat perbedaan dalam Sinyal untuk rasio Nois antara menggunakan decoupler atau tidak. Saya memutuskan mensederhanakan desain ini. Jika ada yang tahu alasan yang masuk akal mengapa pengujian harus menggunakan decoupler . Jika Anda ingin menambahkan decoupler, silakan lakukan, saya hanya menggunakan 15mm atau tabung tembaga 22mm dan 15mm atau 22mm untuk membuat design tersebut, Lihat Gambar 
Setiap sektor dari antena perlu membutuhkan panjang gelombang 1/2 panjang dikalikan dengan faktor kecepatan kabel.Faktor kecepatanRG -213 adalah 0,66 .Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kabel yang berbeda (seperti LMR -400) maka Anda perlu untuk menggunakan faktor kecepatan kabel tersebut, dan menghitung ulang semua dimensi.
                  V * C    0.66 * 299792458
1/2 wavelength = ------ = ---------------- = 0.0405m = 40.5mm
                  2 * F     2 * 2441000000
                      
V = Velocity Factor   of  RG213  = 0.66
C = speed of light = 299792458
F = Frequency of Signal = 2441000000 (middle of 2.4ghz range)
 
Elemen 1/4 gelombang tidak disesuaikan dengan faktor Velocity , seperti di tempat terbuka, sehingga membutuhkan hanya 31mm panjang ruas dan panjang total 355mm + timbal -fly.
Perlengkapan dan bahan 
Semua bagian yang yang dibutuhkan banyak dijual di took-toko :
- 1m RG-213U kabel . Ini cukup untuk 2 antena. Membeli sedikit lebih banyak jika anda membutuhkan lebih panjang dari yang Anda inginkan.
- N konektor, lebih baik menggunakan konektor laki-laki dan perempuan, dan inline atau sekat. Ingat konektor inline harus sesuai diameter 10mm RG-213 kabel .
- 20mm pipa PVC (tersedia di setiap toko ) Memiliki diameter dalam 20mm, dan 22mm luar.
- Klip pipa 22mm (tergantung pada bagaimana Anda ingin me-mount antena), klip pipa memudahkan untuk me-mount dan unmount, atau menggunakan kurung saluran yang tepat .
-          mm aturan untuk mengukur !
-          gergaji besi
-          pisau
-          tang
-          solder
-          Pangkon dari potongan kayu untuk memegang media yang akan disolder
-          bangku untuk memegang kabel saat Anda memotongnya

Langkah Kerja
Setelah banyak uji coba , saya menemukan bahwa cara yang paling rapi memotong kabel sebenarnya dengan gergaji besi. Ini menjadi jauh lebih bersih daripada wirecutters .Setiap sektor terdiri dari panjang pendek RG -213 kabel, dengan inti pusat mencuat setiap ujungnya.
Ketika membangun antena, panjang yang dibutuhkan tepat setiap potongan RG -213 tidak begitu penting , itu adalah panjang keseluruhan masing-masing sektor yang diperhitungkan.Saya menemukan bahwa memotong kabel ke 37mm dengan 6mm inti mencuat sampai. Jika Anda memberikan jarak 1mm untuk lebar gergaji besi saat memotong, itu berarti Anda perlu 37 +6 +6 +1 = 50mm kabel untuk setiap sektor dan dibutuhkan  8 sectors + bagian 1/4wave sampai ke 420 mm kabel untuk antenna.
Cara terbaik untuk memotong masing-masing sektor adalah membuat sayatan kabel luar  di mana setiap akhir bagian pembungkus kabel, sebelum melakukan pemotongan antara masing-masing sektor .Gambar di bawah menunjukkan 3 bagian atas antena, dan bagian 1/4 gelombang , menunjukkan urutan bahwa pemotongan yang harus dilakukan.
Cara terbaik untuk memotong lebih rapi  adalah dengan menandai  pada kabel yang pertama. Ketika menggergaji kabel diharap berhati – hati agar tidak merusak kabel , jadi lakukan pemotongan dengan cara melingkar sedikit demi sedikit, ini hanya memberikan contoh agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatanya. Saya menggunakan gergaji besi kecil untuk memotong pembungkus kabel dan membuat tanda untuk setiap bagian.
Ini harus meninggalkan isolator central terbuka.Menggunakan babak stanley pisau skor melalui isolator pusat, tapi tidak terlalu keras, atau Anda akan memotong kabel pusat.Sekarang memutar dari isolasi.Anda harus dapat melihat gerakan memutar di kabel pusat melalui isolasi, yang akan menunjukkan jalan mana yang harus memutar dari isolasi , sehingga inti pusat memutar lebih erat.
Tanda berikutnya adalah 37mm ke bawah ( 68mm dari ujung kabel ) dan pemotongan pada ujung bagian yang berselubung sektor atas.Tanda berikutnya adalah 13mm ke bawah ( terdiri dari inti 6mm dari setiap sektor dan 1mm untuk memotong antar sektor ) ( 81mm dari ujung ) dan bagian atas dari bagian berselubung sektor kedua.Tanda berikutnya adalah 37mm ke bawah, kemudian 13mm , maka 37mm , dan seterusnya dan seterusnya sampai Anda memiliki setiap bagian berselubung ditandai seperti pada gambar.
Sekarang Anda dapat mulai mengupasnya, hanya memotong selubung saja, hati hati dalam mengerjakanya hanya sampai ke dalam isolasi pusat.Pertama membuat cut di 37mm ke bawah, kemudian memotong berikutnya 13mm lebih bawah.Anda mungkin menemukan bahwa beberapa isolator kabel ketika Anda memotong, karena panjang 13mm dari media tidak dapat memegang dengan cukup kuat .Jangan khawatir , itu tidak masalah.
Sekarang Anda siap untuk memotong sektor atas kabel.Anda ingin memotong kabel utuh pada titik tengah dari dua potongan yang baru saja dibuat, yaitu sekitar 43,5 mm dari ujung selubung , atau 74,5 mm dari ujung kabel .Lihat posisi 4 dalam gambar di atas . untuk melihat prosesnya


Anda akan membutuhkan delapan sektor secara total.Membuat yang sama seperti biasa pada sektor kedelapan karena akan membuat Top flylead juga.Sekarang Anda memiliki delapan sector, anda perlu memeriksa kembali masing-masing sektor untuk memastikan bahwa tidak ada Isolator yang menyentuh kabel pusat.
Pastikan bahwa pemotongan V pada setiap akhir baris sektor atas, othwise , ketika Anda solder antena bersama-sama.Setelah semua delapan sektor selesai , waktunya untuk menempatkan mereka bersama-sama.
Membuat Alat Kerja :
Jika Anda tidak ada yang membantu untuk memegang sektor bersama-sama , akan lebih muda untuk membuat jig kecil dari offcuts kayu , untuk memegang sektor bersama-sama.Klem di sisi sebelah kanan gambar harus tidak lebih dari 30mm panjang. Lihat Gambar
Jangan membuat klem terlalu ketat , yang Anda butuhkan untuk dapat dengan mudah mengangkat kabel keluar setelah telah disolder .
Bila Anda ingin memulai untuk menyoder sektor bersama-sama , Anda harus berhati-hati , bahwa masing-masing sektor harus berada pada posisi yang benar .Cobalah untuk mengerjakan seakurat mungkin, karena mempengaruhi arah antena mentransmisikan dalam jika Anda salah melakukannya .Harus ada jarak 3mm kecil antara selubung masing-masing sektor .

Setelah Anda menyolder setiap sektor bersama-sama, mengangkatnya, membaliknya, dan siap untuk menyolder disisi lainya. Hal ini akan membuat antenna menjadi lurus dan kokoh. Ingat yang harus anda lakukan adalah menunggu solder hingga panas agar tidak merusak terlalu dalam pada isolator inti.
Setelah selesai, menguji kabel dengan multimeter. Bagian fly harus membentuk rangkaian 1/4 gelombang, dan perisai dari flylead ke perisai dari bagian atas. pastikan tidak ada sirkuit antara pusat flylead dan perisai dari sektor atas yang terhubung, dan tidak ada rangkaian antara bagian 1/4 gelombang dan perisai dari flylead tersebut yang tidak sempurna .
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar